Israel_Palestine_Flag[1]

ASAL USUL HADIRNYA NEGARA ZIONIS DI TANAH PALESTINE

Beberapa hari ini tengah berlangsung KTT OKI dari sekian banyak masalah yang dibahas ada satu yang diharapkan masyarakat dunia yang harus terselesaikan yakni Kemerdekaan untuk Palestina. Ya sebuah negara yang dijajah oleh negara zionis israel. Mungkin ada pertanyaan gimana sih asal usulnya negara zionis ini sehingga bisa menjajah tanah Palestine? Baiklah pada hari ini saya akan membahas asal usul negara zionis israel.
pada awalnya gelombang Imigrasi Yahudi ke Palestina hanya mmboyong 24.000 orang yang sebagian besar dari mereka bermukim di Tiberias, Hebron, dan Yerusalem.

Israel_vs_Palestine

Wilayah palestine dari tahun ketahun

Tahun 1882, kolonisasi Yahudi untuk mengubah wajah Palestina meningkat tajam. Tahun 1932 imigran Yahudi Jerman tercatat 9.000 orang, tahu 1933 ketika Hitler berkuasa lonjakan imigran Yahudi ke Palestina meningkat menjadi 33.000 orang, setahun kemudian menjadi 40.000 orang. Tahun 1935 meningkat menjadi 61.000 orang. Tahun 1939 komunitaas Yahudi menurut Faris Glubb dalam bukunya `Zionis Relation With Nazi Germany` meningkat menjadi 445.457 orang yang mendiami tanah Palestina. Berbarengan dengan Perang Dunia pada tahun 1948, sekitar 650.000 jiwa (31%) adalah Imigran Yahudi oleh Inggris. Tanah yang dirampas umat Yahudi atas Palestina meningkat 11 % .
Pada tahun 1935, partai Arab bersatu dan menyerahkan sebuah memorandum yaitu :

“Menuntut berdirinya pemerintah yang demokratis
Melarang pemindahan tanah orang-orang Palestina kepada Yahudi
Penghentian Imigran Yahudi “
Namun, kaum Zionis menolak dengan keras dan mengatur posisi parlemen Ingggris atas usualan itu. Sehingga tuntutan bangsa Arab ditolak.

Perselisihan tersebut diselesaikan dengan keluarnya Resolusi PBB tanggal 29 November 1947 untuk mengakhiri mandat Inggris atas Palestina. Dan Palestina dibagi menjadi 2 : Daerah Yahudi dan Arab

Yahudi makin meningkatkan eksalasi permusuhan dan terorisme terhadap rakyat Palestina hingga terjadi pembantaian besar-besaran menelan korban 254.000 orang yang sebagian besar warga sipil, wanita dan anak-anak. Pembantaian tersebut dilakukan oleh Partai Irgun yang dikomandoi oleh Menacham Begin.

pembantaian-deir-yassin-02

pembantain oleh partai irgun

Tanggal 14 Mei 1948 David Ben Gurion sebagai pucuk pimpinan Zionis mengundang orang-orang terkemuka dan wartawan untuk menghadiri pertemuan di Museum Tel Aviv. Akhirnya diproklamirkanlah Negara Yahudi di Palestina yang dinamakan Negara Israel.

untuk teman-teman yang ingin mengetahui sejarah terbentuknya negara israel yang lebih lengkap bisa mengunjungi referensi disini .

 

sekian yang dapat saya post hari ini semoga menambah pengetahuan teman-teman , dan juga saya juga berdoa pada penulisan hari ini agar saudara kita dipalestin selalu di beri kekuatan, kesabaran dalam menghadapi konflik berkepanjangan dan juga semoga dengan dilaksanakannya KTT OKI di jakarta dapat menghasilkan resolusi yang terbaik buat negara Palestine.

sekian dan terimakasih

Wassalam

(jangan lupa komen saran ,kritik dan juga share jika post ini bermanfaat)

Categories: Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *