gerhana-matahari-selfie-1

TIPS AMAN KETIKA SELFIE MELIHAT GERHANA MATAHARI

Assalamualaikum Wr Wb

besok merupakan puncak terjadinya gerhana matahari di indonesia, jadi bagi teman-teman yang ingin melakukan foto selfie ketika gerhana matahari maka saya akan memberikan tips aman ketika melakukan selfie yang dirangkum oleh tim liputan 6 ,, berikut Tipsnya

1. Saat foto, jangan lihat gerhana dengan mata telanjang

 

Ketika gerhana matahari total sedang berlangsung, jangan lihat sinar gerhana secara langsung. Mungkin Anda memang tidak merasakan mata Anda sakit pada saat itu. Akan tetapi, Anda akan merasakan dampaknya di beberapa hari kemudian.

Efek sinar matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efekafter image’. Hal ini sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk melihat sekitar.

Hal ini juga diperkuat oleh salah satu data yang dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris, di mana jumlah pasien dengan kerusakan mata setelah gerhana matahari di 1999 meningkat pada Jumat, 20 Maret 2015

2. Jangan lupa gunakan kacamata pelindung

 

Kacamata pelindung gerhana matahari total akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet dan sinar infrared yang berbahaya. Dengan mengenakan kacamata pelindung, setidaknya Anda bisa melihat sinar gerhana secara aman dan dapat mengambil foto dari gerhana tersebut.

Disarankan untuk menggunakan kacamata pelindung dengan sertifikasi ‘CE-Approved’. Usahakan juga jangan menggunakan kacamata gelap yang biasa, karena kacamata tersebut tidak akan bisa melindungi mata Anda dari sinar gerhana.

3. Lihat gerhana lewat kamera atau smartphone

 

4. Boleh selfie membelakangi gerhana

Semua orang pasti dapat melakukan selfie kapan pun dan di mana pun, tetapi pada saat momen gerhana matahari total, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfiebersama teman-teman di depan gerhana matahari secara langsung.

Jika Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari total, setidaknya coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana.

Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkenabacklight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilkan efek foto silhouette yang membelakangi sinar gerhana matahari.

5. Gunakan Lensa ‘Astrosolar

Untuk menghindari silaunya sinar gerhana matahari yang begitu intens, ada baiknya Anda melindungi kamera dengan lensa astrosolar.

Lensa ini dapat melindungi kamera Anda dengan mengurangi sinar yang datang ke kamera dan tentunya dapat mempertajam image gerhana matahari yang Anda abadikan lewat kamera.

 

Sekian dan Terima Kasih

Wassalam.

Categories: tips

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *