java

JAVA ??

Asssalamualikum Wr Wb

Apa kabar sahabat semuanya? udah lama nih ga ngeposting sesuatu ūüôā

Maklum penulis nya lagi sibuk di beberapa bisnis pertambangan , perikanan , bank dan properti milik Tetangga.

nah, hari ini penulis kepengen nulis tentang java. bukan pulau jawa ya,, tapi bahasa pemograman java. bahasa pemograman yang pertama kali penulis kenal di PCR.

 

Apa sih java?

Java adalah sebuah bahasa pemrograman pada komputer sama seperti pendahulunya c++ . Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Sun microsystems yang dikembangkan dan rilis pada tahun 1995 . Awalnya java diciptakan pada tahun 1991 oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan , James Gosling dan Bill Joy beserta programer dari Sun Microsystems . Uniknya nama java diambil dari nama pulau jawa ( bahasa inggris dari jawa )*udah pada ngembang-ngembang hidung2 orang¬†indonesia :D* karena James Gosling ” Bapak Java ” menyukai kopi tubruk yang berasal dari pulau Jawa . Jadi kita perlu berbangga menjadi warga negara Indonesia .

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek , maksudnya adalah semua aspek yang terdapat pada java adalah objek sehingga sangat memudahkan untuk mendesain , membuat dan mengembangkan program java dengan cepat .sehingga dengan begitu bahasa java dapat dijalankan diberbagai platform (Multiplatform). dikarenakan java ini multiplatform sehingga java ini punya jargon nya¬†yakni “Tulis sekali, jalankan dimana pun

.

karakteristik Java :

1. Sederhana
Bahasa pemrograman Java menggunakan sintaks mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2.  Berorientasi objek (Object Oriented)
Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman 1-4 berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.
3. Dapat didistribusi dengan mudah
Java dibuat untuk membuat aplikasi terdistribusi secara mudah dengan adanya libraries networking yang terintegrasi pada Java.
4. Interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
5. Robust
Java mempuyai reliabilitas yang tinggi. Compiler pada Java mempunyai kemampuan mendeteksi error secara lebih teliti dibandingkan bahasa pemrograman lain. Java mempunyai runtime-Exception handling untuk membantu mengatasi error pada pemrograman.
6. Aman
Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.
7. Architecture Neutral
Program Java merupakan platform independent. Program cukup mempunyai satu buah versi yang dapat dijalankan pada platform yang berbeda dengan Java Virtual Machine.
8. Portabel
Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.
9.Performance
Performance pada Java sering dikatakan kurang tinggi. Namun performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise,Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT)

 

Platform pada Java

Ada beberapa flatform yang biasa digunakan pada java , antara lain
JAVA Standard Edition (JAVA SE)
Java SE API adalah platform yang paling sering digunakan dalam merefer bahasa pemrograman java dan lingkungannya. Java SE API menyediakan fungsi inti dari bahasa pemrograman Java (Core Functionality). Java SE mendefinisikan semua baik dari tipe dan objek yang paling dasar sampai class tingkat tinggi yang digunakan dalam jaringan, security, akses database, pengembangan GUI, dan XML parsing.

Selain Core API Java SE terdiri dari JVM, development tools, deployment technologies, dan class libraries lain yang biasa digunakan dalam Aplikasi dengan teknologi Java.

 

JAVA Enterprise Edition (JAVA EE)
Platform ini digunakan untuk penulis belajar nihh. Sebagian besar aplikasi yang dikembangkan secara mandiri oleh Pusat Informasi dan Pengawasan dibangun melalui platform ini. Java EE dibangun di atas Java SE dan menyediakan API dan runtime environment untuk pengembangan aplikasi berskalan besar, multi-tiered, scalable, reliable, dan aman dari sisi jaringan.

JAVA Micro Edition (JAVA ME)
Java ME menyediakan API dan jejak kecil JVM untuk menjalankan aplikasi dengan bahasa pemrograman JAVA pada alat yang lebih kecil, contohnya telpon selular. API yang tersedia lebih sedikit dari API yang disediakan JAVA SE, dengan beberapa class khusus yang berguna untuk pengembangan aplikasi pada ponsel. Java ME seringkali merupakan salah satu client dari aplikasi yang lebih besar yang dikembangkan dalam Java EE.

KELEBIHAN dan KEKURANGAN JAVA

adapun keunggulan dari java adalah sebagai berikut :

  • Berorientasi objek , Memudahkan untuk mendesign dan mengembangkan program dengan cepat dan teliti , sehinnga mudah digunakan . Salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek secara murni .
  • Mirip c++, Mempunyai sintaks yang mirip dengan bahasa pemrograman c++ . Sehingga para pengguna c++ banyak yang hijrah menggunakan Java .
  • Multiplatform, Dapat digunakan dibanyak sistem operasi .dan ini sesuai dengan jargon java yakni “Tulis sekali ,jalankan dimanapun
  • Perkembangan yang luas, Dari game sampai sistem operasi handphone menggunakan program java . Misalnya Handphone Sonny Ericsson dan Opera Mini 3 yang bertipe .jar ( Java Archive ) .
  • Mempunyai pengumpulan sampah otomatis .maksudnya bukan ambil sampah dijalanan yah,, maksudnya disini java memiliki pengaturan memori tersendiri atau otomatis, sehingga proggramer ga perlu capek-capek merapikan memori nya.
  • Perpustakaan (library) yang lengkap

dan Adapun kekurangannya adalah

  • Masih ada platform yang belum Kompatible meskipun java sudah multiplatform
  • Proses Compile, Mengharuskan pengguna mengcompile programnya sebelum dijalankan, berbeda dengan bahasa pemrograman python yang tidak perlu mengcompile terlebih dahulu .
  • kalau yang satu ini sering buat penulis¬†kesal yakni Penggunaan Memori yang besar , Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang hanya membutuhkan memori sedikit . sering kali laptop admin¬†ngelag gara editor java nya

 

TEKNOLOGI PADA JAVA

Teknologi Java adalah bahasa pemrograman, development environment, application environment dan deployment environment.

Sebagai bahasa pemrograman, dengan bahasa Java kita dapat membuat berbagai macam aplikasi seperti yang dapat kita buat dengan menggunakan bahasa konvensional apapun.

Sebagai development environment, teknologi Java menyediakan sederetan besar tools seperti compiler (javac), interpreter (java), documentation generator (javadoc), tool untuk pemaketan file class, dan seterusnya.

Aplikasi teknologi Java merupakan program untuk kegunaan umum (general-purpose) yang dapat berjalan pada mesin (komputer) apapun dimana dengan Java Runtime Environment terpasang.

Ada dua deployment environment utama:

  • JRE yang disediakan Java 2 Software Development Kit (SDK) berisi kumpulan lengkap file-file class untuk semua paket teknologi Java, dimana di dalamnya termasuk class-class dasar bahasa, class-class komponen GUI, dan seterusnya.

  • Deployment environment utama yang lainnya adalah web browser. Kebanyakan browser komersial menyediakan interpreter dan runtime environment teknologi Java.

ISTILAH-ISTILAH UMUM JAVA

adapun istilah-istilah yang biasa kita gunakan dalam bahasa java sebagai berikut:

  • Class = penampung sekumpulan elemen data (state/variable) dan kode program yang dipergunakan dalam pengolahan data
  • Object = bagian dari penamaan suatu kelas berupa variabel dapat kita modifikasi atau dipanggil dan dikombinasikan, dibangun dari sekumpulan data/method
  • Atribut = identitas dari sebuah object. Contohnya object Mahasiswa memiliki atributNPM, Nama, Kelas ,dsb¬†
  • Method = sebuah tingkah laku (behavior ) dari sebuah object. berbeda dari atribut method menjelaskan tentang fungsi dan prosedur pada sebuah object. Contohnya Mahasiswa memiliki method belajar, kuliah, makan,dll
  • Class variable = atribut untuk semua obyek yang dibuat dari class yang sama
  • Constructor = method yang dijalan pertama kali pada saat menginstantkan sebuah object,diikuti dengan keyword NEW
  • J2ME = Java 2 Mobile Edition, buat mobile device kaya HP atau PDA
  • J2EE = Java 2 Enterprise Edition, buat server programming
  • J2SE = Java 2 Standard Edition, buat keperluan programming umum
  • SDK = Software Development Kit
  • JVM = java Virtual Machine , merupakan virtual yang menjalankan java berada pada JRE dan JDK
  • JDK = Java Development Kit (penting buat develop aplikasi Java)
  • JRE = Java Runtime Environment (cuma buat jalanin aplikasi Java)
  • IDE = Integrated Development Environment (editor + compiler + debugger + built automation tool + versioning system + dst dst, pokoknya tool all in one buat bikin aplikasi)
  • NetBeans = IDE buat Java
  • Eclipse = IDE juga
  • Swing = library GUI punya Java
  • Struts = framework buat java web application
  • Catalina = servlet container basic-nya Tomcat
  • Servlet = interface yang digunakan java server buat berkomunikasi dengan aplikasi via protokol web
  • Servlet Container = semacem server buat naro servlet, gampangnya sih kalo analoginya itu servlet container itu apache, trus servlet itu file php yang dirender
  • Java Application Server = lebih dari sekedar servlet container, berupa sebuah server buat naro berbagai aplikasi berbasis server, service dan lain sebagainya
  • JBOSS = salah satu brand buat java based application server
  • Tomcat = salah satu brand buat java application server juga
  • API = Application Programming Interface
  • JDBC (Java Database Connectivity) = untuk akses ke database dg XAMPP APACHE

Mungkin sekian yang dapat Penulis¬†tulis dan sedikit copy-paste ūüėÄ

.

Lebih dan kekurangan penulis mohon maaf, jika ada kesamaan penulis juga memohon maaf , karena sesuatu yang dishare di dunia maya milik publik dan kesempurnaan itu hanya milik Allah Swt.

Wassallam

SUMBER REFERENSI :

  1. terimakasih mbah Google
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Java
  3. http://dimsum91.blogspot.co.id/2012/11/istilah-pada-java.html
  4. dan beberapa sumber lain yang udah terclose tapi lupa penulis copy URL nya.

Semoga para penulis sumber diatas dapat keberkahan dan pahala yang melimpah, aamiin YRA.

Categories: Kehidupan di PCR, Sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *